Wednesday, August 31, 2011

Minum Jus Sayuran, Berat Badan pun Turun

http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/08/31/63223/Minum-Jus-Sayuran-Berat-Badan-pun-Turun
Lifestyle + / Rabu, 31 Agustus 2011 13:43 WIB





INGIN berat badan turun tapi tak bisa menahan rasa lapar. Nah, coba saja minum jus sayuran. Selain menurunkan berat badan, jus sayuran pun dapat mencegah penyakit tertentu.

Sebuah studi di Amerika Serikat menemukan orang dewasa yang minum segelas jus sayuran tiap hari akan memenuhi kebutuhan sayuran sebanyak dua kali. Studi itu menunjukkan betapa pentingnya memasukkan sayuran sebagai menu harian.

Peneliti dari University of California-Davis mengatakan makan lebih banyak sayuran merupakan cara sederhana mengelola berat badan. Sebab, sayur merupakan sumber energi yang padat dan mengandung sedikit kalori.

"Studi ini menunjukkan bahwa metode ini tidak hanya akan mendidik masyarakat tentang pentingnya sayuran, tapi juga untuk menunjukkan cara mudah memasukkan mereka ke dalam makanan sehari-hari mereka," kata rekan penulis studi Carl Keen, profesor Gizi dan Kedokteran Internal di University of California-Davis.

Sebuah studi dari Baylor College of Medicine pun menunjukkan bahwa orang gemuk yang minum satu atau dua gelas sayuran setiap hari akan kehilangan bobot badannya lebih banyak ketimbang mereka yang tidak minum jus.

Selain penurunan berat badan, peminum jus sayur mengalami peningkatan signifikan akan asupan sayuran, vitamin C, dan potasium selama penelitian. "Cara mengonsumsi sayuran yang mudah sangat penting karena sayur memiliki begitu banyak manfaat, mulai dari pencegahan penyakit hingga manajemen berat badan," kata John Foreyt, Direktur Riset Perilaku Kedokteran Center di Baylor College of Medicine.

Mungkin rasanya tak akan seenak jus buah. Tapi demi kesehatan, tak ada salahnya mencoba, kan? (MI/RRN)

No comments: