Wednesday, August 29, 2012

Ritual-ritual Wajib Penderita Diabetes Biar Tak Makin Parah

http://health.detik.com/read/2012/08/29/135039/2002109/775/ritual-ritual-wajib-penderita-diabetes-biar-tak-makin-parah
Putro Agus Harnowo - detikHealth



Diabetes adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan membutuhkan perawatan seumur hidup. Apabila sampai terjadi komplikasi seperti penyakit jantung ataupun stroke, maka akibatnya bisa fatal.

Oleh karena itu, penderita diabetes harus selalu mematuhi ritual-ritual tertentu untuk mengontrol penyakitnya.

Diabetes ditandai dengan munculnya gula dalam urine karena insulin gagal memproses gula darah. Gangguan ini merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit jantung, pembuluh darah dan kerusakan ginjal. Apabila tidak dikendalikan dengan baik, penyakit ini akan sangat menurunkan kualitas hidup pasien.

Komplikasi yang ditimbulkan diabetes bisa berupa komplikasi akut dan menahun. Disebut akut karena tubuh jadi mudah terkena infeksi dan sukar disembuhkan. Sedangkan komplikasi menahun akan menyebabkan penebalan dan penyempitan pembuluh darah yang berisiko memicu penyakit lainnya.

"Pasien diabetes perlu mengontrol kadar gula darahnya secara teratur dan minum obat. Diabetes memang tidak dapat disembuhkan, tapi bisa dikendalikan dengan pola hidup sehat dan rutin mengecek kondisi kesehatan," kata Prof Sarwono Waspadji dari Divisi Metabolik-Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI ketika dihubungi detikHealth, Rabu (29/8/2012).

Ada beberapa hal yang harus dipatuhi penderita diabetes agar penyakitnya dapat terkontrol, antara lain yaitu:

1. Hindari makanan manis dan gaya hidup tak sehat
Diabetes merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Pasien harus menghindari makanan yang bisa memperburuk diabetes, yaitu yang dapat menaikkan kadar gula darah secara drastis seperti makanan manis dan berkalori tinggi. Rokok, alkohol dan makanan berlemak juga harus dihindari karena berisiko memperburuk diabetes.

2. Minum obat untuk diabetes
Ada berbagai macam obat diabetes, baik yang ditelan maupun suntikan. Obat yang ditelan biasanya dimulai dengan dosis kecil kemudian dinaikkan bertahap jika perlu. Obat-obatan diabetes yang umum diresepkan adalah metformin, insulin dan sulfonylureas. Penggunaannya harus dikonsultasikan dengan dokter karena memiliki efek samping.

3. Banyak bergerak dan olahraga
Aktivitas fisik perlu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga setidaknya dilakukan 3 - 4 kali per minggu, masing-masing 20 sampai dengan 40 menit. Olahraga teratur dapat membantu menormalkan kadar gula darah, menjaga berat badan serta mencegah penyakit jantung.

4. Rajin mengecek gula darah
Salah satu faktor penyebab komplikasi diabetes adalah kadar gula darah yang tak terkontrol, baik terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Kadar gula darah yang terlalu rendah juga berbahaya sebab dapat menyebabkan hilang kesadaran dan berbuntut kematian. Maka dari itu, tak ada salahnya memiliki alat pengukur kadar gula darah yang bisa digunakan di rumah.

No comments: