Monday, February 25, 2013

6 Gerakan Yoga yang Mudah Dilakukan di Rumah

http://wolipop.detik.com/read/2013/02/05/133201/2161550/849/6-gerakan-yoga-yang-mudah-dilakukan-di-rumah
Hestianingsih - wolipop

Latihan yoga bisa membuat tubuh lebih lentur, fleksibel dan pikiran relaks. Tidak harus selalu dilakukan di klub kebugaran atau dengan instruktur yoga. Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga di rumah agar tubuh selalu fit. Yang Anda perlukan hanya matras dan baju yang nyaman. Agar hasilnya maksimal, lakukan latihan ini empat kali seminggu. Ini dia enam gerakan Yoga untuk latihan di rumah, seperti dikutip dari Canadian Living.

1. Mountain Pose

img

Gerakan ini membantu Anda bernapas lebih stabil dan tenang. Berdiri dengan kedua tangan menutup di depan dada, dalam posisi seperti berdoa. Lebarkan kedua kaki sejajar dengan pinggul, lalu ambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Jika ingin variasi, bisa mengangkat salah satu kaki untuk melatih keseimbangan tubuh.

2. Upward Hand Pose

img

Membantu peregangan di tubuh bagian depan seperti bahu, dada, perut dan pinggul. Tarik napas dalam-dalam, lalu ayunkan kedua tangan ke atas. Saat kedua tangan menutup di atas kepala, tarik punggung ke arah dalam hingga dada membusung. Lakukan gerakan ini di tempat yang sepi dan tenang serta cahaya redup agar pikiran lebih relaks.

3. Standing Forward Bend

img

Gunanya meregangkan bagian belakang tubuh seperti punggung, tulang belikat, bokong dan betis. Tarik napas, lalu keluarkan secara perlahan ketika Anda membungkuk dengan kaki tetap lurus. Luruskan tangan ke arah bawah sampai menyentuh lantai. Rasakan kontraksi pada kedua paha. Jika tidak kuat, bisa sedikit menekukkan lutut.

4. Half-standing Forward Bend

img

Berfungsi menguatkan punggung bagian bawah dan paha belakang. Gerakannya hampir sama seperti Standing Forward Bend, namun badan dibungkukkan sejajar dengan bokong, wajah melihat ke depan. Turunkan tangan sebatas mata kaki.

5. Plank Pose

img

Gerakan yoga ini untuk menguatkan bahu dan perut. Tekuk lutut hingga kedua tangan bisa menyentuh matras. Tarik dan keluarkan napas, lalu luruskan kaki belakangan, seperti hendak melakukan push-up. Pastikan tubuh dalam posisi lurus, tangan sejajar bahu.

6. Four-limbed Staff Pose

img

Memperkuat bahu, perut dan otot tricep (dekat lengan dan siku). Dalam posisi telungkup, tempelkan tubuh ke matras dengan menekukkan siku. Jaga siku tetap menempel pada tubuh, sementara kaki lurus.

No comments: