Tuesday, December 25, 2012

Getah Lambung


https://www.facebook.com/rahayumr

Di dalam perut kita ada lambung (kantong nasi), yang mampu mengeluarkan getah sampai 3 liter sehari.

Makanan dalam mulut mengirim 'stroom' yang dimulai dari saraf cita rasa, penglihatan dan bau. Jika saraf pembauan macet, kita tidak bisa membedakan antara soto, rawon atau gule. Jika otak kekurangan glukosa (lapar) juga timbul 'stroom' yang menyebabkan getah lambung keluar dari 'pabriknya'. Emosi yang agresif juga menyebabkan getah lambung ngucur.

Jika makanan masuk lambung bagian bawah, keluarlah getah namanya gastrin. Ini terjadi akibat rangsangan mekanik (lambung meregang krn ada isi) dan rangsangan kimiawi (makanan mengandung peptida, asam amino, kalsium dll). Gastrin ini di bawa ke lambung bagian atas melalui darah, dan meningkatkan keluarnya asam lambung.

Jika sari makanan masuk dari lambung menuju tempat lebih dalam (usus dua belas jari). Lemak dan faktor keasaman (pH) yg rendah menyebabkan kucuran asam lambung berhenti. Penghentian kucuran asam lambung ini, akibat 'rapat koordinasi' antara hormon2 yg bergelar sekretin, GIP, SIH. Dengan cara ini, sari makanan yang akan masuk ke usus dua belas jari sudah disesuaikan kondisinya agar dapat diterima usus, yakni dlm hal jumlahnya, komposisisnya..dan selanjutnya jika masuk ke usus yg lebih bawah lagi (usus halus) kondisinya juga sdh cocok. Dipengaruhi pula oleh insulin (yang pengeluarannya diatur oleh mekanisme yg rumit)

Usus halus adalah tempat prosesing sari makanan yg terakhir sebelum nanti sisanya dibuang. Di dalam usus halus ada penyerapan sari makanan yg sudah dipecah pecah, penyerapan air dan elektrolit. Terjadi kesibukan luar biasa di dalam usus halus berupa pergerakan kedepan dan belakng dari rambut2 usus (vili), otot2nya kontraksi, pergerakan bergelombang ke usus yg lbh bawah, pergerakan segmentasi ritmik, pergerakan pencampuran, lalu makanan didorong sekitar 1 cm/menit ke arah usus besar.

Pokoknya...ketika kita terdiam atau ngantuk krn kekenyangan...Allah 'sibuk' mengomando sistem ciptaanNya berupa perangkat alat pencernaan, dibarengi dg pernafasan otomatis, otak mengatur kantuk dll semua serba otomatis dan gratis, kecuali jika sedang sakit.

No comments: