Friday, December 28, 2012

Ini Mengapa Beras Dibutuhkan Tubuh Kita

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1941694/ini-mengapa-beras-dibutuhkan-tubuh-kita

Oleh: santi andriani
gayahidup - Jumat, 28 Desember 2012 | 19:17 WIB


Headline


INILAH.COM, Jakarta- Kaya akan kandungan karbohidrat yang tinggi dan beberapa nutrisi penting lainnya, nasi, bahan olahan dari beras, sangat dibutuhkan otubuh kita.
Meski terkadang dihindari karena memberi kontribusi besar dalam meningkatkan berat badan, nyatanya nasi selain kaya akan karbohidrat dan zat besi yang merupakan salah satu nutrisi yang paling penting dalam tubuh kita.
Bahkan untuk para penderita diabetes sekalipun, nasi masih lebih aman dikonsumsi dibanding makanan yang mengandung karbohidrat lainnya.
Sebelum dimasak menjadi nasi, beras merupakan salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi yang tidak memiliki bahan pengawet.
Memiliki beberapa jenis, masing-masing beras memiliki kelebihannya. Beras merah misalnya, kaya akan serat yang dapat membantumencegah pembentukan sel-sel kanker dalam tubuh.
Tak hanya itu, beras merah juga memiliki kandungan natriumnya rendah dan membantu mengendalikan tekanan darah. Memiliki kandungan delapan asam amino esensial, asam folat yang mengurangi risiko kondisi kardiovaskular. Menkonsumsi beras merah sepertinya kini menjadi gaya hidup sehari-hari.
Ada juga beras hitam yang kaya akan serat, dan juga karbohidrat kompleks, cukup mengenyangkan sementara tidak menaikkan kadar gula darah secara mendadak.
Zat antioksidan yang terkandung didalamnya membantu membersihkan kerak dan plak dari pembuluh darah, maupun racun yang masuk ke dalam tubuh.
Nyatanya, beras tak hanya bermanfaat bagi tubuh ketika ini sudah dimasak menjadi nasi. Beras pun memiliki keunggulan untuk mempercantik wajah.
Beras dipercaya bisa memberikan kelembaban pada kulit, utamanya kulit wajah. Beras pun sering dimanfaatkan untuk memutihkan kulit.
Hal ini memungkinkan karena beras memiliki kandungan squalane oil. Adalah beras asal negeri Sakura yang terbukti memiliki kandungan squalane oil yang tinggi yang memberi asupan air pada kulit sehingga dapat melembabkan kulit.
Ekstrak beras juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit. Sementara vitamin E yang terkandung di dalamnya adalah sebagai nutrisi bagi kulit sehingga tampak lebih muda. [berbagai sumber/mor]

No comments: