Monday, May 30, 2011

85 Tahun Idap Diabetes, Kakek ini Tetap Hidup

http://dunia.vivanews.com/news/read/223587-85-tahun-idap-diabetes--kakek-ini-tetap-hidup
"Saya ini orang keras kepala. Saya menolak untuk menyerah," kata Bob Krause


VIVAnews - Seseorang yang telah divonis kena penyakit diabetes biasanya tidak akan hidup lama. Namun, seorang kakek di Amerika Serikat (AS) mementahkan anggapan itu. Manula bernama Bob Krause itu telah 85 tahun menderita diabetes, namun hingga kini dia masih terlihat sehat untuk orang seusianya. 

Menurut kantor berita Associated Press (AP), Krause bersama keluarga merayakan ulang tahunnya yang ke-90 pekan lalu. Suatu pusat penelitian diabetes terkemuka memberi kado kepada Kraus, yaitu orang Amerika pertama yang mampu hidup dengan diabetes selama 85 tahun.

Dalam suatu perayaan, Minggu 29 Mei 2011, Krause menerima sebuah medali dari Joslin Diabetes Center atas pencapaiannya itu. "Bob berhasil lebih lama hidup dari rata-rata orang sehat yang lahir pada 1921," kata Dr. Patricia Wu.

Menurut Wu, kepribadian Krause yang kuat menjadi dasar bagi dia berumur panjang. "Dia tahu bagaimana menghadapi kendala fisik dan menjadikan itu sebagai bagian dari hidupnya. Dia tidak membiarkan mentalnya jatuh," lanjut Wu, seperti yang dikutip AP.

Warga San Diego ini divonis terkena diabetes pada usia lima tahun. Namun, hingga kini, dia mampu bertahan hidup bersama penyakit yang ganas itu. "Saya ini orang keras kepala. Saya menolak untuk menyerah," kata Krause.

Menurut dia, resepnya berumur panjang bersama diabetes adalah dia selama ini memperlakukan badannya seperti sebuah mobil. Layaknya mobil yang hanya memiliki tangki bensin yang terbatas, Kraus pun makan secukupnya, tidak perlu berlebihan.

"Demi menjaga kontrol diabetes, kita hanya mengkonsumsi makanan yang diperlukan sebelum beraktivitas," kata Krause. "Saya makan hanya untuk bertahan hidup, ketimbang selalu makan, atau makan demi kesenangan," lanjut dia.

Setiap kali sarapan, Krause menyantap kacang-kacangan dan buah prem. Dia biasanya melewatkan makan siang dan mengkonsumsi salad dan daging yang tidak berlemak sebagai menu makan malam.

Resep Krause itu sangat sederhana, namun terbukti ampuh bagi penderita diabetes. Saat ini, 18,8 juta warga Amerika terkena diabetes dan tujuh juta lagi diperkirakan tidak sadar hidup bersama penyakit itu.

Diabetes yang diderita Krause adalah tipe 1, yang sempat disebut sebagai diabetes remaja. Penyakit diabetes yang umum dijumpai adalah yang tipe 2.

Sekitar tiga juta warga Amerika hidup dengan diabetes tipe 1. Pada tahap itu, badan penderita tidak memiliki cukup insulin, yang diperlukan untuk mengolah gula darah menjadi energi.

Penyebab penyakit itu masih belum bisa dipastikan, karena tergantung dari genetika dan tingkat kekebalan tubuh penderita. Biasanya, penderita diabetes tidak mampu berumur panjang, karena mereka berisiko besar terkena masalah kesehatan yang serius, diantaranya penyakit jantung, stroke, kebutaan, kerusakan ginjal, dan amputasi organ tubuh. Banyak penderita juga harus berjuang mengatur tekanan darah.
• VIVAnews

No comments: