Saturday, October 23, 2010

Red Wine Cegah Serangan Stroke


http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/healthy-life/33930-red-wine-cegah-serangan-stroke.html

23 Apr 2010

Esktrak buah anggur merah atau yang di kenal dengan red wineternyata bisa dijadikan salah satu minuman pencegah serangan stroke.

Sejumlah peneliti telah membuktikan kalau minuman anggur merah memiliki kekuatan untuk mencegah serangan stroke pada otak. Beberapa kandungan dari buah itu ternyata bisa menurunkan tingkat pembekuan darah akibat terlalu sering makan makanan junk food.

Percobaan dilakukan pada sejumlah tikus sehat yang diberikan estrak resveratol yang ada di dalam biji dan kulit dari buah anggur merah. Ternyata hasilnya, tikus-tikus itu memiliki penurunan kemungkinan terserang stroke.

Peneliti dari the John Hopkins University School of Medicine di Baltimore menyarankan agar rajin mengkonsumsi buah itu. Sebab kandungan resveratrol (terutama pada biji dan kulit) bisa meningkatkan pertumbuhan enzim dalam otak yang mencegah serangan stroke.

Sang peneliti, Dr Sylvain Dore mengatakan kalau jumlah yang sedikit juga tetap bisa meningkatkan kadar enzim itu dalam tubuh kita. Resveratrol juga bisa ditemukan pada buah raspbery, blueberry,cranberry dan kacang-kacangan. Memang sih, beberapa jenis buah itu tidak ada di Indonesia. Tapi buah-buahan itu sudah di jual dalam bentuk buah kalengan di supermarket besar.

Namun para peneliti juga menyarankan agar minum anggur (red wine) secara moderat (normal) sebab, terlalu banyak juga bisa mengakibatkan timbulnya penyakit lain.(dailymail/nay)

No comments: