Wednesday, October 27, 2010

Terapkan 5 Prinsip Positive Parenting Dalam Mengasuh Anak

http://www.hanyawanita.com/_mother_child/parenting/article.php?article_id=10877




Setiap orangtua pastinya menginginkan anak-anak mereka tumbuh dengan optimal dan menjadi anak-anak yang cerdas. Dan untuk mewujudkan semua harapan tersebut, tentunya sebagai orangtua kita pun perlu membekali diri, agar selalu dapat memberikan dukungan positif kepada anak untuk masa depannya.

Dan pembekalan dasar yang perlu dimiliki oleh para orangtua dalam upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya adalah 'Positive Parenting'. Lalu apa itu Positive Parenting?
Mayke S. Tedjasaputra, seorang psikolog dan Play Therapist, dalam acara peluncuran Rumah Rumah DANCOW Parenting Center (DPC), beberapa waktu lalu, di Jakarta, menjelaskan bahwasanya Positive Parenting itu merupakan pola pengasuhan yang dilakukan oleh orangtua dengan cara suportif, konstruktif dan juga menyenangkan bagi anak.
Dalam hal ini pola pengasuhan haruslah bersifat mendukung perkembangan anak (suportif), dilakukan dengan cara positif dan menghindari kekerasan serta hukuman (konstruktif), dan dilakukan melalui kegiatan bermain (menyenangkan).
Dan semua pola pengasuhan yang mengacu pada Positive Parenting itu dirangkumkan dalam 5 Prinsip Positive Parenting, yang mana semua dukungan positif yang dimiliki oleh orangtua akan sangat bermanfaat untuk bekal masa depan anak kelak.
1.
Lingkungan aman dan mendukung untuk bereksplorasi
Ciptakanlah lingkungan yang aman dan mendukung untuk membantu anak mengeksplorasi dunianya. Dengan begitu orangtua bisa selalu mengawasi anaknya, tanpa perlu was-was, sehingga orangtua bisa lebih percaya diri dalam memberikan kesempatan dan kepercayaan pada anak untuk mencoba hal-hal yang baru.
2.
Perhatian dan dukungan positif awal tumbuh percaya diri
Binalah hubungan yang sehat dan lekat pada anak, dengan sengaja menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama dan berkomunikasi dengan anak, agar anak selalu merasa dicintai.
3.
Menanamkan nilai positif secara konsisten awal tumbuh bertanggung jawab
Memberikan contoh dan teladan yang baik bagi si Kecil, memberikan rambu-rambu pada anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dan pentingnya konsistensi, intra dan inter individual
4.
Pemahaman dan stimulasi yang sesuai awal tumbuh optimal
Penting bagi orangtua mengetahui kelebihan dan kekurangan anak. Selain itu jangan lupa untuk selalu memberikan pujian yang sesuai ketika anak berhasil. Dan dukungklah selalu anak ketika mereka mengalami kegagalan atau keragu-raguan.
5.
Mengatasi stres awal komunikasi positif dengan si kecil
Mengatasi stres adalah langkah awa untuk membangun komunikasi positif dengan anak, maka dari itu cobalah untuk belajar mengendalikan diri dalam mengatasi emosi negatif, mencari solusi ketika menghadapi masalah, membina komunikasi terbuka antar pasangan atau dengan orang yang terlibat dalam pengasuhan anak, dan kenalilah kelebihan dan kekurangan diri pribadi, serta kembangkan sikap mau belajar dan mau berubah ke arah yang lebih baik. 

No comments: